Koleksi Pustaka
PENGEMBANGAN GAME 3D “MATHGLEE” MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG UNTUK KELAS IV SDN TEGAL PARANG 06

Pembelajaran matematika di SDN Tegal Parang 06 menghadapi tantangan, terutama pada materi piktogram dan diagram batang, yang dirasa sulit oleh 49.2% siswa kelas IV. Selain itu, 93.2% siswa menunjukkan minat tinggi terhadap pembelajaran berbasis animasi dan game edukatif. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dan game edukasi terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif dan game edukatif 3D bernama MathGlee yang menggabungkan animasi 2D, fitur kuis interaktif, serta penerapan AI pathfinding pada non-playable character (NPC). Pengembangan dilakukan dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Aplikasi dikembangkan dengan Unity Engine untuk platform Android. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan penilaian sangat layak dari guru, ahli media, dan siswa. Dengan demikian aplikasi ini sangat sesuai untuk didistribusikan. Berdasarkan pre-test dan post-test pada 54 siswa, disimpulkan bahwa dengan nilai 1,06 yang termasuk dalam kategori "Strong Effect", menegaskan bahwa "MathGlee" secara signifikan berpengaruh kuat dalam membantu pemahaman materi dan proses pembelajaran matematika. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan inovatif. Kata kunci: Multimedia interaktif, game edukatif, AI Pathfinding, GDLC.

Daftar File
  • 2107431017_Khairunnisa
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 2107431017_Khairunnisa_Lengkap
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Multimedia interaktif, game edukatif, AI Pathfinding, GDLC.