Koleksi Pustaka
PEMBUATAN ANIMASI 2D DAN ASET USER INTERFACE PADA MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “MATHGLEE” MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG KELAS IV SDN TEGAL PARANG 06

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa sekolah dasar, salah satunya disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif serta minimnya penggunaan media yang menarik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dua animasi 2D sebagai bagian dari media pembelajaran interaktif MathGlee untuk menyampaikan materi piktogram dan diagram batang secara visual dan menyenangkan. Perancangan animasi 2D dilakukan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, serta pre-test dan post-test kepada siswa kelas IV SDN Tegal Parang 06. Hasil pengujian beta oleh ahli media, ahli materi, dan siswa menunjukkan persentase kelayakan masing-masing sebesar 82.66%, 100%, dan 86.36% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selain itu, hasil analisis pre test dan post test dengan perhitungan effect size mendapat nilai sebesar 1.06 yang termasuk dalam kategori “strong effect”. Hasil ini menunjukkan bahwa animasi 2D yang dikembangkan sangat layak digunakan, serta memiliki efek yang sangat kuat terhadap capaian hasil belajar siswa dan secara signifikan membantu siswa memahami materi matematika.

Daftar File
  • 2107431020_Rizka Amalia Ramadhanti
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 2107431020_Rizka Amalia Ramadhanti_Lengkap
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Animasi 2D, Matematika, MDLC, Piktogram dan Diagram Batang