Koleksi Pustaka
Kemajuan teknologi digital mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Menurut data dari BPS pada tahun 2022, hampir separuh anak usia dini di Indonesia sudah bisa menggunakan handphone dan mengakses internet. Menurut data dari PISA pada tahun 2018, untuk kategori matematika Indonesia berada di peringkat 73 dari 79 negara. Matematika merupakan ilmu penting yang perlu dikenalkan sejak dini untuk mendukung kemampuan berpikir logis dan pengambilan keputusan. Di TK B Sekolah Kristen Kalam Kudus Pekanbaru 5 dari 8 anak murid cenderung menggunakan teknologi sebagai media hiburan, guru mengalami kesulitan dalam mengajar matematika karena perubahan pola belajar anak dari dampak pandemi covid. Penelitian ini mengembangkan game edukasi matematika berbasis kurikulum TK B sebagai media aplikasi game pembelajaran interaktif berbasis digital. Game dikembangkan menggunakan game engine Unity dan ditujukan untuk platform Windows berekstensi .exe. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil uji kepada guru TK B sekolah Kristen Kalam Kudus menyatakan bahwa game edukasi ini dapat digunakan menjadi media pengajaran matematika di sekolah Kristen Kalam Kudus.