Koleksi Pustaka
PEMBUATAN ASET 3D DAN ENVIRONMENT PADA APLIKASI PETA INTERAKTIF BERBASIS UNITY SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI DIGITAL MUSEUM SATRIAMANDALA

Museum Satriamandala merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang memiliki beragam koleksi artefak, kendaraan tempur, dan diorama sejarah. Namun, museum ini menghadapi tantangan berupa kurangnya informasi navigasi yang jelas bagi pengunjung serta minimnya digitalisasi koleksi. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk membuat aset 3D dan Environment 3D yang akan diintegrasikan kedalam aplikasi peta 3D interaktif berbasis Unity. Aset 3D dari bangunan dan koleksi museum dibuat menggunakan perangkat lunak Blender dan diberi tekstur yang realistis dengan menggunakan perangkat lunak Substance Painter. Metodologi pengembangan menggunakan kerangka kerja MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Aset 3D yang dikembangkan terbukti memberikan dampak positif terhadap pengalaman pengunjung dalam menavigasi musuem. Berdasarkan hasil pengujian, seluruh aset 3D dapat diimpor ke dalam Unity tanpa kendala dan telah memenuhi spesifikasi teknis. Pada beta testing yang melibatkan 30 responden, 10 pernyataan valid menunjukkan indeks rata-rata 85,2% dan nilai reliabilitas 0.710, yang berarti aset 3D dianggap sesuai dengan kondisi asli di museum, representatif, dan mendukung penyampaian informasi secara lebih menarik, dan interaktif di lingkungan museum Satriamandala.

Daftar File
  • Laporan Skripsi Full
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Aplikasi, Buku Panduan, Jurnal dan Poster
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Museum Satriamandala, peta 3D interaktif, digitalisasi museum, Unity, sejarah militer, aset 3D