Koleksi Pustaka
RANCANG BANGUN APLIKASI PETA 3D INTERAKTIF BERBASIS UNITY SEBAGAI MEDIA EKSPLORASI DIGITAL MUSEUM SATRIAMANDALA

Museum Satriamandala memiliki peran penting dalam memperkenalkan sejarah perjuangan militer Indonesia, namun pengunjung sering menghadapi kendala dalam navigasi dan memperoleh informasi koleksi yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi peta 3D interaktif berbasis Unity sebagai solusi untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dalam mengeksplorasi museum. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini dirancang dengan fitur utama berupa peta 3D yang dilengkapi fungsi rotasi dan zoom, sistem pelacakan posisi pengguna berbasis GPS untuk navigasi real-time, serta penyajian informasi koleksi yang disajikan dalam format teks, gambar, dan video. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis Android (APK) yang dapat diinstal langsung pada perangkat pengunjung, memberikan aksesibilitas yang fleksibel di area museum. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini terbukti dapat mempermudah navigasi dan memperkaya wawasan pengunjung. Hal ini dikonfirmasi melalui pengujian Beta yang melibatkan 30 pengunjung museum menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang sangat positif, dengan rata-rata indeks keseluruhan mencapai 85.33%, serta diharapkan dapat menjadi panduan teknis bagi pengembangan sistem serupa di museum lainnya.

Daftar File
  • Skripsi Andreas Bimo Prakoso
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Aplikasi, Buku Panduan, Jurnal dan Poster
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Museum Satriamandala, Peta 3D Interaktif, Unity, Navigasi GPS, Android, MDLC