Koleksi Pustaka
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi 2D dengan teknik cut-out animation sebagai bagian pada aplikasi alat bantu pembelajaran interaktif berjudul "Aku dan Kelompokku", yang dirancang untuk memberikan pemahaman keterampilan sosial siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Bogor. Permasalahan utama yang diangkat adalah kesulitan siswa dalam membentuk kelompok akibat rendahnya kemampuan bersosialisasi. Berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan kepada 76 siswa, diketahui bahwa 68,4% siswa mengalami kesulitan dalam mendapatkan kelompok. Selain itu, animasi merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang disukai oleh 22,4% siswa, setelah permainan 48,7%. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) melalui enam tahapan: konsepsi, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Produk yang dihasilkan berupa enam video animasi berformat MP4 menggunakan Adobe After Effect dan Adobe Premiere Pro. Hasil beta testing dari kedua ahli baik dari ahli materi dan ahli animasi mendapatkan kategori sangat layak terhadap animasi 2D. Sementara itu, siswa menilai aspek kemudahan dipahami sebesar 92%, daya tarik visual 88%, dan minat belajar 90%. Penelitian ini menunjukkan bahwa animasi 2D efektif sebagai bagian dari aplikasi pembelajaran interaktif untuk memberikan pemahaman keterampilan sosial.