Koleksi Pustaka
PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF “AKU DAN KELOMPOKKU” UNTUK SISWA SMPN 11 BOGOR

Kesulitan siswa dalam berkelompok terjadi karena dari siswanya itu sendiri yang kurang bisa bergaul, ataupun juga karena karakter siswa tersebut yang kurang disukai temantemannya. Hal ini diperkuat dari hasil kuisioner pada 76 siswa kelas VII SMPN 11 Bogor, dimana sebanyak 68.4% siswa pernah mengalami kesulitan dalam berkelompok. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam bekerja kelompok adalah melalui pendekatan interaktif yang berbasis game. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif untuk melatih keterampilan sosial dari para siswa kelas VII SMPN 11 Bogor yang di dalamnya berisikan game visual novel, animasi materi, minigame ice breaking, serta database untuk guru. Output dari media pembelajaran ini adalah aplikasi berbasis android dengan file .apk. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed-method) sebagai metode pengumpulan dan analisis datanya, serta metode GDLC (Game Development Life Cycle) sebagai model untuk tahapan pengembangannya.Berdasarkan hasil beta testingyang ditujukan kepada para siswa setelah menggunakan aplikasi “Aku dan Kelompokku”, didapatkan nilai persentase sebesar 90% untuk aspek “Pengalaman Pengguna” dan nilai persentase sebesar 89% untuk aspek “Tampilan” yang menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk melatih keterampilan sosial siswa dinilai sangat layak.

Daftar File
  • 2107431005_Muhammad Rocky Marciano Yulianto
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 2107431005_Muhammad Rocky Marciano Yulianto
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Aplikasi pembelajaran interaktif, Keterampilan sosial, Visual novel