Koleksi Pustaka
PEMBUATAN ASET KARAKTER 2D UNTUK GAME EDUKASI 2D PENGENALAN BAHASA PEMROGRAMAN C#

Perkembangan teknologi menjadikan pemrograman sebagai keahlian yang semakin diminati, khususnya di kalangan mahasiswa. Namun, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar pemrograman, termasuk pada mata kuliah pemrograman C#. Berdasarkan kuesioner terhadap 33 mahasiswa semester 4 Program Studi Teknik Multimedia Digital Politeknik Negeri Jakarta, 45,5% sangat setuju dan 15,2% setuju bahwa mereka kesulitan dalam memahami pemrograman C#. Permasalahan ini diperkuat oleh hasil wawancara dengan dosen pengampu yang menyebutkan lemahnya pemahaman mahasiswa terhadap logika dasar dan konsep enkapsulasi. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan media pembelajaran interaktif berupa permainan edukasi dengan gaya visual pixel art. Pixel art dipilih karena mudah dikembangkan dan memiliki daya tarik visual yang tinggi. Selain itu, desain karakter menjadi fokus penting karena berperan sebagai representasi pemain dalam permainan. Pembuatan aset karakter 2D ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), melalui tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan edukasi berbasis pixel art berpotensi membantu mahasiswa dalam memahami pemrograman C# secara lebih menarik dan interaktif

Daftar File
  • 2107431029_Iman Nur Rachman
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 2107431029_Iman Nur Rachman_Kumpulan
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Pemrograman C#, Permainan Edukasi, Pixel Art, Desain Karakter 2D, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)