Koleksi Pustaka
PERANCANGAN ASET VISUAL 3D PADA GAME EDUKASI TENTANG PUBERTAS UNTUK SMPN 186 JAKARTA BERBASIS THIRD PERSON CAMERA

Pubertas merupakan fase krusial dalam perkembangan remaja yang ditandai dengan berbagai perubahan fisik, psikologis, dan sosial. Kurangnya pemahaman mengenai masa pubertas dapat menyebabkan kebingungan, kecemasan, serta ketidaksiapan siswa dalam menghadapi perubahan tersebut. Berdasarkan hasil observasi dengan siswa kelas VII dan wawancara di SMP Negeri 186 Jakarta, ditemukan bahwa siswa kelas VII masih minim dalam memperoleh informasi edukatif terkait pubertas, yang disebabkan oleh terbatasnya materi pembelajaran dan kurangnya penyuluhan yang efektif. Menanggapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aset-aset visual seperti aset 3D dan desain antarmuka guna meningkatkan pemahaman siswa mengenai pubertas secara lebih interaktif dan menarik. Proses pengembangan game menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap. Aset 3D berupa karakter siswa laki-laki dan perempuan, lingkungan sekolah, serta objek pendukung lainnya dirancang menggunakan Blender, sedangkan desain antarmuka dibuat dengan Adobe Illustrator. Seluruh elemen tersebut kemudian diimplementasikan dalam Unity Engine untuk membentuk sebuah game edukasi berbasis third person view. Hasil pengujian alpha dan beta menunjukkan bahwa game ini dinilai layak dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pubertas. Dengan demikian, game edukasi 3D ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan relevan bagi remaja dalam memahami masa pubertas.

Daftar File
  • 2107431030_Natanael Aryo Bimo Singgih_Lengkap
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 2107431030_Natanael Aryo Bimo Singgih_Lengkap
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Game, Edukasi, 3D, Antarmuka, MDLC