Koleksi Pustaka
PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN REMPAH-REMPAH

Kurangnya media pembelajaran yang interaktif membuat siswa sekolah dasar kesulitan dalam mengenal jenis-jenis rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi edukasi berbasis augmented reality (AR) menggunakan teknologi Model Target dari Vuforia yang dapat mengenali maket objek rempah secara langsung. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi “RempahKita” dibangun dengan fitur utama visualisasi 3D, panel aroma dan rasa, kuis, koleksi rempah, dan panel informasi fun fact. Hasil pengujian alpha menunjukkan seluruh fitur berjalan sesuai fungsinya tanpa error. Sementara itu, hasil beta testing terhadap 25 siswa menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 7,00 (pre-test) menjadi 7,92 (post-test). Hasil beta testing menunjukkan bahwa 88% siswa menyatakan aplikasi mudah digunakan, 89,6% siswa senang belajar rempah rempah dengan aplikasi dan 87,2% mengetahui lebih banyak tentang rempah-rempah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini efektif sebagai media pembelajaran yang menarik dan mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.

Daftar File
  • 2107431008_Siti Fajriyatis Solikha
    2107431008_Siti Fajriyatis Solikha_Skripsi.pdf
  • Kata Kunci
    Augmented Reality, Edukasi Rempah, Multimedia Interaktif, MDLC, Pendidikan Dasar, Rempah-rempah