Koleksi Pustaka
PEMBUATAN ASET 2D DAN 3D UNTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN REMPAH-REMPAH

Penelitian ini berfokus pada perancangan dan produksi aset visual 2D dan 3D untuk media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR), sebagai solusi terhadap rendahnya pemahaman siswa sekolah dasar mengenai rempah-rempah Indonesia. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aset 2D dibuat menggunakan Procreate Pocket untuk ilustrasi rempah dan maskot edukatif, sementara aset 3D dibuat menggunakan Blender dan diekspor ke dalam aplikasi AR berbasis Android melalui Unity dan Vuforia. Evaluasi dilakukan menggunakan metode blackbox testing dan penyebaran kuesioner skala Likert kepada siswa kelas 5 MI Miftahul Jannah, serta pre-test dan post-test terhadap 20 siswa. Hasil pengujian menunjukkan media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa sebesar 45%, dengan 88% siswa menyatakan aset visual menarik, mudah dipahami, dan meningkatkan minat belajar mereka terhadap rempah-rempah.

Daftar File
  • 2107431001_Yunindasari
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Augmented Reality, Rempah-rempah, Aset 2D, Aset 3D, Multimedia Interaktif