Koleksi Pustaka
Pada pembelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) untuk siswa kelas 5 SD, materi transportasi publik seringkali disampaikan melalui media gambar 2D statis yang kurang interaktif dan efektif. Teknologi AR dengan animasi 3D menawarkan solusi inovatif melalui visualisasi yang realistis, interaktif, dan menarik, membantu siswa memahami konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas aset animasi 3D berbasis AR mengenai transportasi publik di Jakarta sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pelajaran lebih menarik untuk siswa. Penulis melakukan penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Hasil dari penelitian ini adalah aset 3D dan animasi 3D penunjang pengembangan media interaktif Gomoto AR menggunakan Blender. Berdasarkan pengujian beta testing yang telah dilakukan bersama pengguna akhir yaitu siswa SDIT Harum sebanyak 27 responden dengan 13 pernyataan dinyatakan valid didapati hasil penilaian sebesar 82%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran AR ini terbukti efektif menjadi media yang dapat menunjang pembelajaran yang lebih menarik.