Koleksi Pustaka
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat aset serta animasi 2D untuk game edukasi bertema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam modul P5 bagi siswa kelas 5 SDN 04 Ciangsana. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther–Sutopo dengan enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara, serta kuesioner skala Guttman dan Likert. Hasil alpha testing menunjukkan bahwa aset dan animasi 2D berhasil diimplementasikan secara teknis di Unity tanpa kendala. Pada beta testing, ahli media dan wali kelas memberikan penilaian Sangat Setuju pada skala Likert, sementara siswa mencatat indeks persentase 88%–100% pada skala Likert dan 93,23% pada skala Guttman, yang termasuk kategori Sangat Valid. Temuan ini menunjukkan bahwa visualisasi dan animasi 2D yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan daya tarik, interaktivitas, dan membantu menyampaikan informasi terkait materi modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan. Oleh karena itu, aset dan animasi 2D yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung implementasi modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan fase C.