Koleksi Pustaka
Penelitian ini bertujuan mengembangkan aset untuk keperluan pengambangan game edukasi 3D dengan judul "Equation Elimination" dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 6 SDN 04 Ciangsana. Desain aset game, termasuk karakter, lingkungan, dan elemen puzzle, disesuaikan agar menarik secara visual dan mudah dipahami oleh siswa. Pengujian dilakukan melalui tahap alpha, beta, dan rilis, melibatkan 48 siswa. Berdasarkan hasil analisa pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan indeks minat belajar dari 68,53% menjadi 75,24%, dengan perubahan signifikan pada ketertarikan belajar di luar jam pelajaran (56,67% ke 74,58%) dan kenikmatan proses belajar (59,58% ke 70,00%). Validasi oleh ahli pendidikan memastikan game edukasi sesuai standar pembelajaran. Dengan demikian, game ini terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran matematika siswa.