Koleksi Pustaka
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi 2D Platformer menggunakan Unity Engine, dengan tema gaya hidup berkelanjutan yang ditujukan untuk siswa kelas V SDN 04 Ciangsana. Game ini dirancang berdasarkan metode Game Development life cycle (GDLC), yang terdiri dari 6 tahap yaitu Initiation, Pre - Production, Production, Alpha Testing, Beta Testing, dan Release. Implementasi game ini diharapkan dapat menyampaikan informasi kepada siswa terkait konsep pengelolaan sampah, prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan pentingnya peran pohon dalam menjaga stabilitas iklim. Hasil pengujian Beta Testing terhadap siswa menunjukkan indeks 97% pada skala Likert (kategori Sangat Setuju) dan 93% pada skala Guttman (kategori Sangat Valid). Dengan demikian informasi yang diberikan terkait materi gaya hidup berkelanjutan dalam game edukasi ini dapat dapat diterima oleh siswa serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.