Koleksi Pustaka
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis digital dalam bentuk game edukasi 3D bertema pubertas, yang ditujukan bagi siswa kelas VII SMPN 186 Jakarta. Proses pengembangan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang meliputi tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, dan release. Game dirancang dengan sudut pandang third-person untuk memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan menarik. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan guru Bimbingan Konseling, serta penyebaran kuesioner skala Likert kepada pengguna akhir dan ahli game untuk mengevaluasi aspek fungsionalitas, visual, dan penyampaian materi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game ini mampu membantu siswa dalam memahami materi pubertas secara lebih menyenangkan dan interaktif. Rata-rata tingkat kesesuaian respons dari siswa kelas VII C SMPN 186 Jakarta sebagai pengguna akhir berada dalam kategori sangat setuju, yang mengindikasikan bahwa game ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang partisipatif dan sesuai dengan kebutuhan mereka.