Koleksi Pustaka
RANCANG BANGUN GAME 3D SEBAGAI MEDIA EDUKASI KEDISIPLINAN UNTUK SANTRI KELAS 7 DI PESANTREN UMAR BIN KHOTOB PLUS

Santri kelas 7 yang baru memasuki pesantren sering menghadapi kesulitan dalam memahami dan menyesuaikan diri dengan tata tertib pesantren. Pendekatan konvensional melalui ceramah dianggap monoton dan kurang efektif dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis 3D yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kedisiplinan secara interaktif dan menarik. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian (alpha dan beta), serta release. Pendekatan mixed methods digunakan dengan pengumpulan data melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Game ini menyimulasikan aktivitas harian santri dan memuat fitur edukatif seperti minigame, sistem pelanggaran, dan evaluasi perilaku. Hasil pengujian beta menunjukkan bahwa game dapat meningkatkan keterlibatan santri dalam pembelajaran nilai-nilai kedisiplinan. Responden menilai game ini menyenangkan dan membantu dalam memahami serta menerapkan kedisiplinan di kehidupan pesantren. Dengan demikian, game edukasi ini berpotensi menjadi media pembelajaran alternatif yang efektif bagi santri kelas 7 dalam menginternalisasi nilai-nilai kedisiplinan

Daftar File
  • 2107431046_Faris Ferdiansyah
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    game edukasi, 3D, kedisiplinan, pesantren, GDLC, santri,