Koleksi Pustaka
PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI BISNIS MULTI-LEVEL MARKETING DENGAN ANALISIS SENTRALITAS PADA STRUKTUR JARINGAN

Multi-level Marketing (MLM) adalah suatu strategi bisnis yang dimana suatu perusahaan menjual suatu produk melalui distributor yang ada di dalam bisnisnya itu sendiri yang dimana setiap distributor yang menjual produk atau jasa dari perusahaan. Hal ini membangun sebuah jaringan sosial yang luas. Sebuah penelitian yang terdahulu menggunakan analisis sentralitas untuk menentukan anggota yang paling berinfluential dalam media sosial menggunakan jaringan hashtag pada twitter. Hal yang sama dapat diterapkan oleh jaringan yang terbentuk dari bisnis multi-level marketing. Dengan ini, penelitian ini bertujuan membangun sistem informasi bisnis MLM dan mengimplementasi lima metrik sentralitas—sentralitas derajat, sentralitas kedekatan, sentralitas keperantaraan, sentralitas eigenvektor, dan sentralitas PageRank—dalam penentuan agen yang paling berpengaruh, serta membandingkan lima algoritma tersebut menggunakan matriks korelasi. Sistem informasi dibangun menggunakan FastAPI, Android Studio, dan ReactJS. Data keanggotaan diolah ke dalam graf menggunakan NetworkX, kemudian hasil perhitungan sentralitas divisualisasikan melalui antarmuka web dan mobile. Analisis Top-N menunjukkan analisis sentralitas dan keperantaraan mendapatkan hasil akurasi yang signifikan dalam menentukan anggota yang paling berpengaruh pada perusahaan. Analisis Inverse Sorensen Dice menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil setiap algoritma dengan sentralitas PageRank menghasilkan Top-10 yang berbeda dengan algoritma lainnya. Uji fungsionalitas dan penerimaan pengguna (UAT) menunjukkan tingkat keberhasilan fitur di atas 100%. Dengan sistem ini, perusahaan MLM dapat memilih metrik sentralitas yang paling sesuai untuk strategi rekrutmen dan retensi, serta merencanakan pengembangan fitur analitik lanjutan.

Daftar File
  • 2107411040_Riandar Farhan
    2107411040_Riandar Farhan.pdf
  • ZIP_2107411040_Riandar Farhan
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Analisis Jaringan, Graf, Multi-Level Marketing, Sentralitas