Koleksi Pustaka
Skripsi ini membahas pembuatan animasi 2D sebagai media edukasi interaktif untuk mengenalkan alat musik tradisional Indonesia kepada siswa kelas 3 di SDN Duren Sawit 15 Pagi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang pasif dan ketiadaan alat peraga fisik di sekolah, sehingga diperlukan media alternatif yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Produk akhir dari penelitian ini adalah sebuah video animasi berjudul "Alat Musikku" yang mengenalkan 10 alat musik tradisional Indonesia, lengkap dengan bentuk visual, suara, cara memainkan, dan daerah asalnya. Evaluasi produk dilakukan melalui Alpha Testing oleh pengembang dan Beta Testing yang melibatkan ahli animasi, ahli materi (guru), dan 36 siswa sebagai pengguna akhir. Hasil pengujian menunjukkan bahwa video animasi ini secara teknis solid, akurat secara materi, dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tingkat penerimaan siswa sangat tinggi, dengan skor indeks rata-rata keseluruhan mencapai 84,94%, yang masuk dalam kategori "Sangat Setuju". Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa video animasi "Alat Musikku" merupakan solusi media pembelajaran yang efektif untuk mengatasi keterbatasan sarana dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam mengenal warisan budaya Indonesia.