Koleksi Pustaka
Pembuatan Game 2D Edukasi Menggunakan Unity Untuk Pengenalan Bahasa Pemograman C#

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong meningkatnya kebutuhan akan pemahaman dasar pemrograman, termasuk bahasa C#. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep seperti tipe data, conditional statements, looping, hingga object-oriented programming. Untuk mengatasi hambatan tersebut, pengembangan media pembelajaran berbasis permainan edukasi dinilai efektif karena mampu menghadirkan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Dalam penelitian ini, penulis berperan sebagai pengembang permainan (Game Developer) yang bertugas merancang dan membangun game edukasi 2D berbasis Unity Engine. Game ini dilengkapi sistem interaksi seperti input kode, validasi jawaban, cutscene animasi, sistem penyimpanan, sistem level, dan umpan balik berbasis bintang sebagai penilaian performa. Tahapan pengembangan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang mencakup tahap Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan observasi terhadap mahasiswa semester 4 Politeknik Negeri Jakarta. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar responden merasa lebih tertarik dan terbantu dalam memahami konsep pemrograman melalui pendekatan gamifikasi ini. Produk akhir berupa game edukasi interaktif yang dapat dijalankan pada platform desktop maupun WebGL.

Daftar File
  • Skripsi Full
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Jurnal Multinetics
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Sistem Aplikasi
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Buku Panduan
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Poster
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Game Developer, Unity, C#, Game Edukasi, GDLC