Koleksi Pustaka
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI FITUR CHATBOT PADA E-COMMERCE JASA PERCETAKAN BERBASIS WEBSITE

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan fitur chatbot berbasis Large Language Model (LLM) dan teknologi Retrieval-Augmented Generation (RAG) pada website e-commerce jasa percetakan Arthasakti Print. Chatbot dikembangkan untuk memberikan layanan otomatis berupa informasi produk, panduan pemesanan, dan pertanyaan umum guna meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan. Selain itu, penelitian ini juga mengintegrasikan sistem pembayaran digital melalui payment gateway untuk mempermudah proses transaksi pelanggan secara online.Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang mencakup tahapan perencanaan, analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black-box testing, System Usability Scale (SUS), dan evaluasi model chatbot melalui metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score.Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot mampu menjawab pertanyaan dengan akurasi 78,57%, recall 90,9%, presisi 83,33%, dan F1-score 86,96%. Pengujian SUS terhadap 10 responden menghasilkan skor rata-rata 83,25 yang menandakan bahwa sistem cukup mudah digunakan. Sementara itu, hasil UAT menunjukkan rata-rata tingkat kepuasan 96% untuk fitur chatbot dan 77,5% untuk sistem pembayaran. Dengan demikian, implementasi chatbot dan integrasi sistem pembayaran pada website e-commerce ini mampu meningkatkan efisiensi layanan dan pengalaman pengguna dalam proses pemesanan.

Daftar File
  • skripsi
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Chatbot, LLM, RAG, E-commerce, LangChain.