Koleksi Pustaka
Implementasi Unity Engine pada Aplikasi Virtual Reality sebagai Media Pemasaran Properti Berbasis Android

Salah satu instrumen penting penentu kesuksesan sebuah bisnis adalah media pemasaran. Media pemasaran pun terus berubah mengikuti teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi untuk kebutuhan pemasaran adalah penggunaan virtual reality untuk media pemasaran perusahaan pengembang properti. Berdasarkan statistik tahun 2019, ukuran pasar global untuk VR adalah 10,32 miliar USD dengan implementasi terbesar adalah untuk bidang komersial seperti toko ritel, showroom mobil, dan real estate sebesar 52,5% dari keseluruhan pasar dan diharapkan akan terus berkembang dengan CAGR sebesar 21,6% dari tahun 2020 hingga 2027. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi virtual reality berbasis Android yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dengan fitur utama untuk proyeksi model properti yang ditawarkan pihak pengembang. Aplikasi dibuat dengan Unity engine dan memanfaatkan sensor gyroscope pada ponsel pintar. Berdasarkan hasil beta testing secara tatap muka, diketahui bahwa responden sangat setuju (88,3% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan sangat setuju (85% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah dipahami oleh orang awam. Sedangkan berdasarkan hasil beta testing secara daring, diketahui bahwa responden sangat setuju (80,7% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan setuju (78,5% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah dipahami oleh orang awam.

Daftar File
  • 4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin_Skripsi
    4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin.pdf
  • 4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin_Aplikasi
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Aplikasi Mobile, Media Pemasaran, Pengembang Properti, Virtual Reality