Koleksi Pustaka
Implementasi Fitur Kerjasama dan Fasilitas pada Chatbot Layanan Informasi PNJ dengan Metode TF-IDF dan Cosine Similarity

Politeknik Negeri Jakarta merupakan institusi atau Lembaga pendidikan tinggi otonom yang berlokasi di Jl. Prof DR. G.A. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16425. Politeknik Negeri Jakarta berkerjasama dengan banyak pihak seperti kerjasama pendidikan, kerjasama industri dibidang pendidikan, kerjasama industri dibidang karir, kerjasama internasional dan kerjasama nasional. PNJ memiliki layanan yang menyediakaan berbagai fasilitas sebagai sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar dan mengajar di PNJ. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai PNJ tanpa harus mengunjungi kampus, maka dibuatkan chatbot layanan informasi PNJ berbasis mobile dengan platform LINE yang dapat digunakan secara online 24 jam sebagai sarana tanya jawab antar user dan admin. Kemudian dibuatkan website untuk halaman admin untuk mengoperasikan data informasi PNJ menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework CodeIgniter. Pada chatbot layanan informasi PNJ diimplementasikan fitur kerjasama, fitur fasilitas, fitur kontak dan fitur portal aplikasi PNJ serta diterapkan metode Term Frequency-Inverse Document Frequency dan Cosine Similarity. Chatbot bertujuan untuk mengurangi pekerjaan pihak PNJ dalam memberikan informasi karena chatbot dapat memberikan respon jawaban dengan otomatis. Berdasarkan hasil pengujian, chatbot mampu memberikan respon untuk menampilkan informasi mengenai PNJ dengan hasil 100% untuk alpha testing, 87,88 % untuk User Acceptance Test dan tingkat akurasi metode TF-IDF dan cosine similarity sebesar 85,7%.

Daftar File
  • 4817070564_Fahrini Ayusatia Kusuma_RepositoriFahriniAyusatiaKusuma
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • 4817070564_Fahrini Ayusatia Kusuma_Laporan Skripsi Fahrini Ayusatia Kusuma
    Laporan Skripsi Fahrini Ayusatia Kusuma.pdf
  • Kata Kunci
    Chatbot, LINE Messenger, TF-IDF, Cosine Similarity, PHP