Koleksi Pustaka
Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, menciptakan banyak inovasi baru dari teknologi itu sendiri. Salah satu inovasi baru dari teknologi itu adalah virtual tour. Virtual tour ini sangat banyak digunakan untuk media promosi atau pengenalan suatu lokasi. Dengan adanya virtual tour ini maka masyarakat bisa melihat simulasi dari suatu tempat yang benar- benar ada dan sesuai dengan aslinya. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk membuat aplikasi sebagai media informasi tempat wisata pulau yang dapat di tampilkan secara gambar visual dari suatu lokasi dengan pandangan 360°. Algoritma yang di gunakan yaitu Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan kuis dan metode yang di gunakan untuk pengembangan yaitu metode Luther-Sutopo yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan antara lain concept, desain, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari pengembangan ini adalah adanya aplikasi website virtual tour 360° yang dapat menampilkan gambar visual dari suatu lokasi dengan pandangan 360° dan didalam nya terdapat game kuis yang menggunakan algoritma fisher yates shuffle. Software yang digunakan untuk pengembangan aplikasi ini yaitu pano2vr, dan bahasa yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini sendiri yaitu XML, dan Javascript, sedangkan untuk pengujian aplikasi dilakukan menggunakan blackbox testing dan user acceptance testing. Berdasarkan pengujian yang dilakukan yaitu pengujian alpha menghasilkan persentase keberhasilan 91%. Lalu virtual tour diimplementasikan pada website “Pulau Kuy”.