Koleksi Pustaka
Franchise merupakan model bisnis yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk membuka peluang usaha, pada akhir 2020 terdapat 81.441 gerai franchise yang di Indonesia. Survey yang dilakukan ke 112 responden dengan rentan usia 17-52,70.5% responden memilih Website untuk mencari informasi franchise, kemudian 67.9% persen dari 112 responden tidak mengetahui cara membuka franchise. Lebih dari 50% responden mengininkan adanya fitur pemberian alternatif pilihan franchise, pengajuan pembukaan franchise, daftar dan informasi lengkap mengenai franchise saat menggunakan website. Berdasarkan uraian diatas, dibutuhkan sebuah website untuk menyentralisasikan informasi mengenai pembukaan franchise dan memberikan alternatif pilihan pembukaan franchise. Pemberian alternatif pilihan pembukaan franchise dilakukan dengan membuat sistem pendukung keputusan. Metode yang digunakan untuk membuat keputusan adalah mengimplementasikan algoritma profile matching. Bobot dan kriteria yang dihitung untuk membuat keputusan didapat dari wawancara ahli yang berjumlah 7 bobot, dengan persentase 70% untuk primary factor dan 30% untuk secondary factor. Pengujian implementasi algoritma profile matching pada website dilakukan dengan membandingkan alternatif pilihan yang website berikan dengan alternatif pilihan berdaarkan ahli dan melakukan perhitungan euclidean distance. Terdapat 5 dari 12 alternatif pilihan yang sama dari hasil pengujian dengan total data pengujian 22 alternatif. Sedangkan untuk euclidean distance yang didapat sebesar 15,4919