Koleksi Pustaka
Website Politeknik Negeri Jakarta yaitu www.pnj.ac.id memiliki berbagai informasi seperti tentang kampus, akademik, penerimaan mahasiswa, layanan, kontak dan lain lain. Hal ini membuat website sangat penting dalam memenuhi kebutuhan informasi dan layanan yang menunjang kegiatan kampus. Akan tetapi, terkadang informasi pada website PNJ sulit digapai atau tidak tersampaikan kepada pengguna akhir, terlebih website PNJ tidak menyediakan fitur FAQ dan live chat. Sehingga, dapat menimbulkan kebingungan yang menyebabkan ketidakpuasan pengguna. Ditambah lagi, pengunjung yang menghubungi kontak yang tersedia membuat humas PNJ mendapat pertanyaan berulang yang menyebabkan kurang efisien dalam menanganinya. Agar pengunjung website dapat mengajukan pertanyaan kapan saja, serta membantu humas PNJ agar tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama dibuatlah fitur chatbot. Jenis chatbot yang dibuat adalah rule based chatbot yang memilih respon sistem berdasarkan data pada database. Pencocokan input pertanyaan dengan database dilakukan menggunakan algoritma levenshtein distance. Sistem dibuat menggunakan framework PHP Laravel. Hasil dari penelitian ini adalah chatbot pada website yang dapat merespon pertanyaan dengan akurasi 76% dan response time dibawah 0,2 detik, serta backend admin untuk melakukan perubahan data pada chatbot.