Koleksi Pustaka
IMPLEMENTASI K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN ULASAN PRODUK DI E-MARKETPLACE

Ulasan produk merupakan fitur pada e-marketplace untuk mengetahui kualitas dari produk atau pengalaman orang lain saat membeli produk. Semakin bagus dan banyak ulasan pada suatu produk yang dijual, semakin tinggi minat calon pembeli terhadap produk. Karenanya, perlu mengelompokkan setiap ulasan apakah ulasan tersebut mengandung makna positif atau negatif. Penelitian ini mengusulkan K-Means Clustering untuk mengelompokkan ulasan produk. Dari analisis klaster klaster 0 merupakan klaster ulasan bersentimen negatif dengan centroid di titik 0.61129469 untuk skor positif dan 0.81219006 untuk skor negatif. Sedangkan, klaster 1 merupakan klaster ulasan bersentimen positif dengan centroid di titik 0.85114994 untuk skor positif dan 0.53761561 untuk skor negatif.

Daftar File
  • Laporan Skripsi
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Laporan Skripsi, Jurnal Aplikasi, Aplikasi, Readme Aplikasi, Poster Skripsi, Data Alumni
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Ulasan Produk, K-Means, Clustering, Text Mining