Koleksi Pustaka
PENERAPAN ALGORITMA APRIORI SEBAGAI PENENTU DISKON PAKET BARANG BERDASARKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN

Metode penentuan paket diskon menggunakan Algoritma Apriori merupakan salah satu metode umum yang dapat diterapkan pada marketplace. Hal ini dikarenakan Algoritma Apriori dapat secara otomatis melakukan pengelompokan barang dan besaran diskon tanpa membutuhkan campur tangan dari administrator. Studi kali ini bertujuan untuk melakukan implementasi penggunaan Algoritma Apriori pada marketplace berbasis website. Secara spesifik studi ini menerapkan Algoritma Apriori dalam penentuan paket barang dan diskon pada marketplace. Dalam konteks ini, marketplace yang dimaksud merupakan toko berbasis online dengan fitur penjualan dan transaksi yang terintegrasi didalamnya. Untuk mengetahui tingkat efektivitas dan konsistensi dari Algoritma Apriori, implementasi pada website berbasis PHP dengan framework laravel menerapkan System Development Life Cycle dengan metode waterfall. Implementasi ini dilakukan dengan terlebihdahulu membuat kuisioner dan melakukan wawancara kepada pengguna web untuk dijadikan dasar dalam melakukan perencanaan, analisis, perancangan dan implementasi. Implementasi menunjukkan efektivitas dari penggunaan Algoritma Apriori dalam tahap penentuan paket barang dan diskon yang akan berdampak pada meningkatnya tingkat pembelian. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa terdapat peluang besar untuk meningkatkan penjualan dengan mengimplementasikan algoritma apriori.

Daftar File
  • 4817040195_Kiki_Wijaya
    4817040195_Kiki_Wijaya.rar
  • Kata Kunci
    Algoritma, Apriori, Penjualan, Pola, Strategi, Paket Diskon.