Koleksi Pustaka
Stres kerja merupakan respon seseorang pada tekanan pekerjaan yang dihadapinya yang berdampak pada kinerja dan kepuasan kerja hingga dapat mempengaruhi kesehatan, prilaku, dan emosi seseorang baik di dalam maupun di luar lingkungan kerja.Terdapat berbagai sumber stres atau stresor yang mendasari respon tersebut terjadi seperti kepuasan kerja, kepribadian, konflik, beban kerja, hingga masalah organisasional. Untuk mengatasi permasalahan ini maka dibutuhkan sistem pakar untuk membantu karyawan dalam mengidentifikasi dan memanajamen stresnya serta membantu perusahaan dalam memantau karyawan dan mengambil langkah pengembangan sumberdaya manusia didalamnya. Sistem Pakar merupakan sistem komputer yang mampu menirukan penalaran seorang pakar pada bidang pengetahuan tertentu, yang dalam kasus ini adalah akusisi keilmuan psikolog klinis dan industri dalam penggunaan metode certainty factor (CF) untuk pemecahan masalah. Certainty Factor mampu menjelaskan ukuran kepastian dan ketidakpastian suatu informasi yang tidak pasti. Input dari sistem ini berupa informasi diri serta indikator gejala. Identifikasi stresor dominan dan persentase tingkat stres karyawan berupa diagnosis dan saran penaganan merupakan output dalam sistem pakar ini.