Koleksi Pustaka
Perusahaan Gojek dan Grab merupakan transportasi online yang termasuk besar di Indonesia. Perusahaan tersebut sangat membantu serta memudahkan masyarakat Indonesia untuk berpergian ke suatu tempat. Dari sekian banyak masyarakat yang menggunakan jasa perusahaan tersebut, perempuan merupakan konsumen terbesar dibandingkan laki – laki. Tidak sedikit pula terjadi kasus pelecehan dalam penggunaan transportasi online terhadap perempuan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya kesempatan yang ada, salah satunya penumpang yang menggunakan jasa transportasi online ini perempuan. Tujuan penelitian ini adalah membuat dan mengusulkan ide solusi dengan menerapkan fitur pengemudi dan penumpang akan di pertemukan berdasarkan gender yang sama serta penumpang dapat memilih kendaraan sesuai jenis kendaraan (Sport, Motor Bebek, Skuter Matik dll) karena tidak sedikit penumpang yang menggunakan rok ataupun gamis. Maka dari itu penulis memberikan nama Ojek Syar’I karena penumpang dipertemukan sesuai dengan gender Metode yang digunakan penelitian ini adalah design thinking yaitu mengumpulkan mengidentifikasi data temuan, mendefinisikan dan mengembangkan ide solusi, implementasi ide solusi ke bentuk desain prototype serta melakukan pengujian, evaluasi desain aplikasi, dan implementasi kedalam code XML. Hasil pengujian desain aplikasi dilakukan oleh 25 responden usability testing menghasilkan 97,5% tingkat keberhasilan dan memperoleh nilai skor usability testing desain aplikasi pengemudi yaitu 85 dan desain aplikasi penumpang 79. Kemudian nilai skor usability scale sebesar 89 sehingga desain aplikasi dapat diterima dan mudah untuk digunakan.