Koleksi Pustaka
ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN TRIPADVISOR DENGAN METODE NAMED ENTITY RECOGNITION

Ulasan adalah kupasan, tafsiran, dan komentar. ulasan dapat diartikan sebagai suatu bentuk penilaian sesorang terhadap sesuatu. ulasan biasa diberikan terhadap suatu produk atau jasa. baik buruknya ulasan, dapat mempengaruhi reputasi hotel. ulasan yang baik menandakan bahwa kualitas produk pelayanan harus dipertahankan oleh pihak hotel. sedangkan ulasan yang buruk menandakan bahwa kualitas produk pelayanan harus dievaluasi dan diperbaiki oleh pihak hotel. Tripadvisor adalah sebuah website yang berfokus pada bidang pariwisata seperti tempat wisata, hotel, dan restaurant. setiap orang dapat melihat rating pelayanan suatu objek pariwisata melalui Tripadvisor. Data ulasan pengunjung hotel yang terdapat pada Tripadvisor, hanya diklasifikasikan berdasarkan rating bintang saja dari skala 10 s/d 50. Pengunjung hotel juga memberikan ulasan yang bermacam – macam untuk mengutarakan pengalaman mereka selama mengunjungi hotel tersebut. Seperti pengalaman bersantap ria, menginap, berenang di kolam renang, dll. Untuk memudahkan proses klasifikasi berdasarkan ulasan pengalaman pengunjung tersebut, maka dibuatlah penelitian ini. Dalam peneitian ini dilakukan analisis sentimen untuk membedakan ulasan negatif dan positif menggunakan metode named entity recognition. Pada penelitian sebeumnya, akurasi yang dihasilkan dari metode named entity recognition mencapai 90%.

Daftar File
  • Laporan Skripsi_Faldan Hendra Abiyanka
    Laporan Skripsi_Faldan Hendra Abiyanka.pdf
  • 4817040098_Faldan Hendra Abiyanka
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Algoritma klasifikasi, Named Entity Recognition, Hotel, Tripadvisor