Koleksi Pustaka
PEMBUATAN MOTION GRAPHIC “PROMO SEASONAL” SEBAGAI MEDIA PROMOSI

PT. Lion Super Indo adalah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan jaringan ritel dari internasional Delhaize Group. Super Indomenyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan lengkap, harga hemat dan lokasi yang mudah di jangkau sehingga Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Super Indo memiliki beberapa platform yang digunakan untuk mempromosikan produk seperti didalam aplikasi My Super Indo, aplikasi Super Ninja Nitip Belanja, Facebook Lion Super Indo, dan Instagram @infosuperindo. Dewasa kini, peran media sosial kerap kali digunakan sebagai sarana media promosi. Media promosi merupakan sarana yang digunakan untuk menunjang aktivitas promosi baik untuk produk atau jasa kepada masyarakat. Superindo menggunakan dua platform sosial media yaitu Facebook dan Instagram sebagai sarana promosi produk. Berbagai kategori konten yang terdapat di dalam sosial media Super Indo seperti Super Info, Super Tips, Promo My Super Indo, Promo Seasonal, Promo Private Brand 365, Fresh of The Week, dan Eat Well Live Better. Super Indo memiliki konten favorit yang diminati oleh masyarakat dilihat dari likes dan views pengikut Facebook dan Instagram Lion Super Indo yaitu Promo Seasonal. Konten Promo Seasonal bertujuan untuk mengembangkan bisnis ritel Super Indo agar mampu untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk yang sedang dalam periode diskon. Konten Promo Seasonal berlangsung selama satu minggu yang dimulai pada hari rabu. Salah satu konten di dalam Promo Seasonal adalah Promo Dry atau Promo Bahanbahan Kering. Di dalam promo tersebut tercantum barang-barang dan harga yang sudah di diskon dalam bentuk desain untuk Instagram dan video untuk Facebook yang sebelumnya sudah dirangkum oleh Tim Marketing Lion Super Indo kemudian di eksekusi oleh Tim Creative Lion Super Indo dalam bentuk motion graphic. Menurut Sukarno dalam (Rio Prastio, 2017) Motion graphic adalah teknik animasi yang berisikan potongan-potongan media visual berbasis waktu yang mengkombinasikan film dan desain grafis. Motion graphic memiliki perbedaan dengan desain grafis. Berdasarkan kebutuhan untuk media promosi di media sosial, motion graphic memiliki daya tarik yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk di dalam Promo Seasonal selama masa periode berlangsung. Oleh karena itu dalam penulisan Praktik Kerja Lapangan, Laporan Praktik Kerja Lapangan membahas bagaimana pembuatan motion graphic Promo Seasonal sebagai media promosi dengan studi kasus media sosial PT. Lion Super Indo.

Daftar File
  • Laporan PKL - Pembuatan Motion Graphic "Promo Seasonal" Sebagai Media Promosi
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Motion Graphic, Media Promosi, Media Sosial