Koleksi Pustaka
PEMBUATAN UI/UX DESIGN FITUR KARTU NAMA DAN ALUR KOMUNIKASI UNTUK MENUNJANG CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA APLIKASI MOBILE KREALOGI OLEH DU ANYAM

Teknologi informasi saat ini telah berkembang sehingga menjadi persaingan yang nyata dalam pengembangan peluang jenis bisnis yang baru dan kreatif. Diikuti dengan perkembangan internet yang signifikan, hal tersebut membuat dunia bisnis ikut berkembang terutama dalam proses transaksi penjualan. Maka dari itu, dunia bisnis di masa mendatang akan berkembang menjadi ekonomi digital yang membutuhkan teknologi computer maupun teknologi mobile yang memerlukan koneksi internet didalamnya, sehingga hal tersebut menjadi media bagi bisnis di dunia ekonomi digital untuk dapat melakukan proses transaksi dimanapun dengan mudah dan cepat (Suheryadi et al., 2019). Melihat hal tersebut, perkembangan teknologi yang ada saat ini telah mampu untuk diimplementasikan pada perangkat mobile, sehingga apa yang sebelumnya hanya dapat dilakukan secara manual melalui perangkat Komputer dapat dilakukan menggunakan smartphone (Lestari & Latifah, 2019). Salah satu perusahaan yang telah mengimplementasi perkembangan teknologi pada perangkat mobile adalah PT. Karya Dua Anyam yang berdiri sejak tahun 2015. Perusahaan ini menghadirkan sebuah aplikasi mobile bernama Krealogi oleh Du Anyam. Aplikasi mobile Krealogi oleh Du Anyam merupakan aplikasi rantai pasok yang dibangun guna membantu UMKM Kriya dan Fashion dalam proses perencanaan, pemantauan, dan analisis bisnis mereka agar terus berkembang. Di dalam aplikasi mobile Krealogi oleh Du Anyam dibutuhkan sebuah fitur simple CRM (Customer Relationship Management) dimana fitur tersebut belum tersedia dalam aplikasi mobile Krealogi. CRM merupakan salah satu cara perusahaan untuk menjalin hubungan lanjut dengan pelanggan, sehingga perusahaan akan dapat mengetahui hal apa yang dibutuhkan oleh pelanggan beserta pengelolaan strategi pemasaran, penjualan, dan pelayanan, sehingga berdampak pada kepuasan pelanggan yang dapat menghasilkan sebuah loyalitas dari pelanggan tersebut (Rahman et al., 2018). Berdasarkan beberapa kondisi yang dimiliki oleh Krealogi terkait CRM, dijelaskan bahwa pengguna aplikasi Krealogi terkendala ketika ingin melakukan dua kegiatan sekaligus, kegiatan yang dimaksud antara lain melakukan pengecekan terhadap catatan penjualan dan melakukan komunikasi dengan konsumen. Selain dari kondisi yang dimiliki, terdapat juga kebutuhan, yakni terkait fitur kartu nama. Oleh sebab itu, PT. Karya Dua Anyam menginginkan sebuah usulan ide desain User Interface terhadap CRM terkait fitur-fitur yang dapat menjadi solusi dari kondisi dan kebutuhan yang ada, dimana nantinya akan diimplementasikan di dalam aplikasi mobile Krealogi oleh Du Anyam.

Daftar File
  • Laporan PKL - PEMBUATAN UI/UX DESIGN FITUR KARTU NAMA DAN ALUR KOMUNIKASI UNTUK MENUNJANG CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA APLIKASI MOBILE KREALOGI OLEH DU ANYAM
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    User Interface, Figma, Design Thinking, User Experience, Mobile App