Koleksi Pustaka
Dalam melakukan pelayanan penyediaan layanan komputasi awan diperlukan adanya pengawasan pada kualitas layanan pada pengguna serta pengawasan kinerja perangkat yang berada di data center. Jika ada pengaduan kendala/insiden yang terjadi, baik itu berupa pengaduan kualitas layanan atau adanya penurunan kinerja pada perangkat akan dikategorikan ke dalam beberapa status penyelesaian. Kegiatan tersebut disebut juga dengan ticketing. “Ticketing system is an IT service management platform. The ticketing tool provides solutions to all clients who are connected with one or more organizations remotely/within the infrastructure. The Ticketing System is also used as a help desk software that can help customer to get their service as ef iciently as possible while maintaining their service requests. The platform of ticketing system is deployed in virtual machine which thus can be accessed by anyone within the organization.” (Gohil dan Kumar, 2019) Dengan kata lain, ticketing digunakan secara bersama oleh beberapa departemen didalam organisasi perusahaan dan merupakan salah satu cara untuk melakukan perawatan infrastruktur jaringan dan menjamin kualitas layanan dengan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh pengguna. Kegiatan cloud monitoring di Lintasarta termasuk di dalamnya adalah kegiatan ticketing dan pengawasan kinerja perangkat di data center. Semua itu dilakukan oleh karyawan yang berada di departemen ITS Control Center. Para karyawan melakukan pengawasan 24 jam dengan metode kerja sif. Sif dibagi menjadi dua, yaitu sif pagi dan sif malam. Tiap pergantian sif tersebut, diperlukan adanya laporan yang komprehensif dari seluruh kegiatan selama sif berlangsung. Misalnya, apabila sif pagi sudah selesai, maka ada seorang ketua sif yang harus membuat sebuah laporan mengenai kegiatan selama sif pagi berupa jumlah ticket yang masuk dan kondisi terakhir perangkat di data center. Laporan tersebut akan diperiksa oleh ketua sif malam yang akan menyelesaikan ticket yang masih belum terselesaikan jika masih ada juga mengatasi kendala yang ada pada perangkat di data center apabila belum bisa ditangani di sif pagi. Kegiatan pelaporan yang demikian disebut laporan pergantian sif. Dalam membuat laporan pergantian sif, ketua sif membuat laporan tersebut secara manual dengan cara memodifikasi draf pesan yang sudah ada di grup Whatsapp ITS Control Center. Cara yang demikian dapat memunculkan masalah apabila pesan digrup tersebut tertimpa oleh pesan lainnya karena grup Whatsapp tersebut juga dipakai untuk melakukan pembicaraan selama kegiatan cloud monitoring beberapa data center. Selain itu, pendokumentasian juga akan kurang efektif dengan fitur pencarian pesan melalui Whatsapp yang memfilter berdasarkan huruf atau angka yang dimasukkan sehingga apabila ada pesan yang memiliki elemen huruf atau angka yang sama, maka pesan itu tidak terfilter walaupun bukan pesan yang berisi laporan pergantian sif. Oleh karena itu, diperlukanlah sebuah sistem yang dapat digunakan untuk membuat laporan pergantian sif dan dapat digunakan untuk melakukan pendokumentasian kegiatan cloud monitoring di departemen ITS Control Center. Dalam laporan ini, Penulis membuat sebuah aplikasi web yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut. Aplikasi web ini memiliki fitur berupa laman formulir yang dapat diisi dengan seluruh data yang perlu dilaporkan oleh ketua sif dan juga laman yang dapat digunakan untuk melihat seluruh laporan pergantian sif secara kronologis untuk pendokumentasian kegiatan cloud monitoring di departemen ITS Control Center. Selain itu, pada aplikasi web ini juga terdapat laman yang dapat digunakan untuk melihat jadwal sif.