Koleksi Pustaka
Semakin berkembangnya perekonomian yang diimbangi dengan persaingan para perusahaan yang begitu ketat, pengembangan produk barang ataupun jasa bukan hanya membutuhkan pengemasan yang menarik, namun juga dibutuhkan pemasaran untuk mendukung ketertarikan untuk konsumen. Guna menarik konsumen dengan pemasaran dibutuhkan strategi komunikasi yang tepat. Dalam bauran pemasaran promosi merupakan salah satu bagian dari delapan model komunikasi pemasaran yang utama, yaitu iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, acara dan pengalaman, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut, serta tenaga penjualan (Alo, 2011). Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Di era yang sudah digital saat ini, promosi dapat dilakukan dengan berbagai macam media. Kegiatan memperkenalkan atau mempromosikan ini dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial, salah satu promosi melalui media sosial yang saat ini sedang banyak dibicarakan yaitu melalui Instagram. Dengan mengunggah konten dalam media sosial, semua yang melihat berkesempatan untuk berkomentar dan berbagi, dampaknya akan membuat informasi tersebar dengan cepat. Tak hanya itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah modal yang diperlukan untuk pemasaran digital juga tergolong lebih kecil dan terukur. Hal ini merupakan suatu potensi dan kesempatan yang sangat besar untuk digunakan oleh para pemasar sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran. Media Sosial memungkinkan berbagi informasi antara pengguna menjadi lebih mudah. (Akrimi dan Khemakem. 2012). PT. Sentra Aktiva Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan dan keuangan berbasis teknologi skala nasional dan internasional. PT. Sentra Aktiva Indonesia atau biasa disebut SAI Corporation merupakan salah satu penyedia jasa edukasi untuk para pemula dalam melakukan trading. Di dalam SAI Corporation terdapat banyak unit bisnis dan salah satu contohnya yaitu, Trading Planner Community yang menyediakan edukasi bagi para trader pemula melalui berbagai media sosial, yaitu Facebook, TikTok, Youtube, dan Instagram. Untuk tetap eksis dan menarik di media sosial terutama instagram, SAI Corporation menerapkan pemasaran digital dalam bentuk pembuatan konten media sosial. Konten-konten tersebut tentunya dikerjakan oleh karyawan yang memang kompeten dalam bidang desain grafis. Divisi kreatif merupakan divisi yang bertanggung jawab melakukan promosi digital dan bertugas membuat konten digital dengan teknik kreatif agar dapat mempromosikan perusahaan. Dari penjelasan diatas, maka penulis membuat laporan Praktek Kerja Lapangan dengan judul “Perancangan Desain Feed Instagram Sebagai Media Promosi Dan Edukasi Di Perusahaan Pt. Sentra Aktiva Indonesia” untuk menjelaskan bagaimana cara kerja dan pembuatan konten media sosial di SAI Corporation yang dijadikan sebagai media promosi dan edukasi digital perusahaan.