Koleksi Pustaka
Pengembangan Modul Klasifikasi Outbound Pada Aplikasi Bia Di PT. Haistar Bintang Dagang Internasional

Haistar adalah perusahaan solusi e-logistic yang memiliki tim manajemen berpengalaman di industri, gudang di lima kota, manajemen sistem gudang yang terintegrasi, dan infrastruktur serta proses bisnis yang sesuai dengan standar industri. Haistar bertujuan menjadi rekan yang memudahkan client dalam memperbesar skala bisnis, apapun ukurannya. Baik client yang baru memulai, sedang bertumbuh, atau justru bisnis client sudah terlalu besar dan masih ingin mengelolanya sendiri, Haistar dapat menyesuaikan solusi yang dimiliki dengan kebutuhan spesifik client. Haistar beroperasi untuk mempermudah logistik dari client Haistar dan pelanggan yang berbelanja di toko client Haistar. Haistar beroperasi menggunakan beberapa aplikasi yang memiliki tugas spesifik dalam membantu kegiatan operasional Haistar. Beberapa aplikasi yang digunakan oleh Haistar adalah sebagai berikut. EOS atau Order Management System berfungsi untuk melakukan pengelolaan terhadap pesanan yang di terima client. Helios atau Warehouse Management System berfungsi untuk mengelola barang client yang ada di gudang Haistar. Selene atau Delivery Management System berfungsi untuk memantau sekaligus mengatur pengiriman barang milik client yang akan dikirim ke tujuan sesuai dengan pesanan pelanggan client. Artemis atau Reporting Application berfungsi untuk memantau dan merekap penghasilan perusahaan Haistar. Poseidon atau Account Management System berfungsi untuk mengelola akun yang dapat mengakses aplikasi yang digunakan Haistar. Yang terakhir adalah BIA atau Billing Application berfungsi untuk rekap tagihan yang akan diberikan kepada client. BIA digunakan Haistar untuk mendapatkan rekap tagihan setiap client yang berlangganan jasa logistik dengan Haistar. Data tagihan yang dikirimkan oleh Haistar kepada client bersifat sementara karena harus dikonformasi terlebih dahulu validitas datannya dengan data yang client miliki. Setelah dikonfirmasi oleh kedua belah pihak, Haistar dan client bahwa data yang dikirimkan benar. Pada aplikasi BIA terdapat beberapa fitur yaitu, Master, Component atau layanan, Invoice atau tagihan, dan Transaksi. Bagian Transaksi memiliki beberapa submenu atau menu turunan diataranya adalah Inbound, Outbound, Storage, Delivery, Additional, dan Cost Plus Berdasarkan hasil analisis terhadap aplikasi BIA terdapat beberapa masalah yang ada pada submenu di fitur aplikasi Bia. Submenu Outbound adalah salah satu submenu yang ada di modul Transaksi di aplikasi Bia. Submenu ini merekam data transaksi dengan tipe outbound dan pada fitur ini terdapat proses klasifikasi dan pengecekan kelengkapan data yang harus dilakukan di dalam aplikasi. Fungsi dari klasifikasi dan pengecekan ini adalah tersimpannya data transaksi outbound untuk dilakukan perhitungan tagihan yang akan diberikan kepada client. Namun pada saat ini proses ini masih menggunakan pentaho yang dimana aplikasi pentaho hanya bisa melakukan mapping dan tidak dapat memberikan notifikasi ketika ada data yang belum lengkap. Berdasarkan masalah diatas maka akan dilakukakn pengembangan atau migrasi proses dari pentaho ke source code aplikasi BIA supaya dapat menambahkan proses pengiriman notifikasi apabila data tidak lengkap. Diharapkan seluruh proses mapping sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan apabila terdapat ketidak lengkapan data aplikasi BIA akan memberikan notifikasi tertentu.

Daftar File
  • Laporan PKL - Pengembangan Modul Klasifikasi Outbound Pada Aplikasi Bia Di PT. Haistar Bintang Dagang Internasional
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Modul Klasifikasi Outbound, Aplikasi Bia, PT. Haistar Bintang Dagang Internasional