Koleksi Pustaka
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang informasi dan komunikasi sebagai penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara menyeluruh di Indonesia. PT Telkom memiliki misi yaitu “Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”. PT Telkom juga memiliki visi “Be The King of Digital in The Region”. Artinya PT Telkom ingin menjadi salah satu dari 10 perusahaan di Asia Pasifik yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar di industri telekomunikasi, PT Telkom berperan aktif dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia yang mendorong berbagai inovasi dan meningkatkan daya saing. Pada tahun 2016, Telkom Indonesia melakukan transformasi kegiatan usaha dari empat segmen usaha, yaitu Telecommunication, Information, Media, Edutainment (TIMES) menjadi skema Customer Facing Unit (CFU) dan Functional Unit (FU). Functional Unit Digital dan Strategi Portofolio (FU SDP) merupakan salah direktorat di Telkom Group yang memiliki beberapa tugas, yaitu: menentukan konsepsi dan rumusan rencana jangka panjang perseroan, strategi kebijakan portofolio bisnis Telkom Group, menentukan strategi inovasi dalam rangka eksplorasi untuk mendapatkan sumber pertumbuhan baru, menentukan kebijakan, tata kelola mekanisme inovasi untuk mengembangkan portofolio bisnis Telkom Group. Direktorat Digital Service per tanggal 1 Mei 2020 secara resmi berubah nama menjadi Direktorat Digital Business. PT Telkom sendiri memiliki banyak direktorat antara lain Direktorat Keuangan, Direktorat Consumer Service, Direktorat Network & IT Solution, Direktorat Digital Business, Direktorat Strategic Portfolio, Direktorat Wholesale & International Service, Direktorat Enterprise & Business Service, dan Direktorat Human Capital Management. Mengikuti lanskap bisnis berskala global yang sangat kompetitif sehingga PT Telkom pun harus memiliki inovasi di produk dan juga layanan yang dapat bersaing, salah satunya adalah Direktorat Digital Business (Indonesia, 2020). Direktorat Digital Business yang merupakan salah satu direktorat PT Telkom memiliki beberapa program yang dikerjakan salah satunya adalah pelaksanaan program internship atau praktik kerja lapangan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa aktif perguruan tinggi di Indonesia dapat melakukan penelitian dan juga merasakan secara langsung melakukan proyek asli yang dapat mendukung program kerja di lingkungan bisnis Telkom DDB. Dalam Direktorat Digital Business terdapat beberapa bidang antara lain Digital Business Enabler, Digital Partnership Management, Digital Program Management, dan Digital Market Management. Penulis berada di bidang Digital Business Enabler yang salah satu fokusan utamanya adalah mengelola outsource, internship, dan hal lain yang berkaitan dengan talent management, human capital development, logistics, vendor/partner dan sebagainya. Pelaporan kegiatan harian oleh peserta pada kegiatan internship sangatlah penting agar dapat diketahui secara menyeluruh dan diberikan ulasan balik oleh supervisor. Pada website Digital Touch Points Internship versi sebelumnya terdapat kekurangan berupa partisipan tidak dapat membuat CV luring, supervisor belum bias memberikan penilaian perdua bulan dan juga penilaian akhir kepada partisipan. Keterbatasan fitur ini menyebabkan partisipan tidak dapat melihat nilai akhir yang diberikan secara luring melainkan hanya dapat melihat dari sertifikat saja, maka dari itu dibutuhkanlah suatu pengembangan fitur bagi partisipan agar dapat melihat nilai perdua bulan, nilai akhir dan pembuatan CV luring. Dalam pelaksanaan program Internship DDB Telkom diperlukan sebuah website yang bertujuan untuk memudahkan mengelola informasi peserta, supervisor, penjadwalan dan juga super admin. Pengelolaan informasi para peserta internship diperlukan guna untuk memantau setiap kegiatan, laporan pemberian umpan balik dan juga penilaian kepada peserta yang sudah graduate. Website internship ini memberikan sarana kepada partisipan, supervisor, penanggungjawab perguruan tinggi, dan super admin untuk dapat menerima dan memberikan informasi terkait program internship mulai dari saat pertama kali mendaftar sebagai partisipan Hingga nanti kelulusan berlangsung. Saat ini tim di proyek website DTP Intership sedang melakukan pengembangan untuk memperbarui beberapa fitur dan juga pengguna interface. Salah satu modul yang diperbarui adalah modul partisipan dengan penambahan course untuk belajar dengan mitra Pijar Mahir, perubahan pengguna interface pada pengisian intership daily timesheet. Tujuan dari ditambahnya fitur pada modul ini adalah agar para peserta internship dapat menambah ilmu mereka dengan belajar di program mitra Pijar Mahir. Selama masa Praktik Kerja Lapangan (PKL) di DDB Telkom Indonesia penulis diberi pekerjaan untuk membuat test case, test scenario dan pengujian secara keseluruhan modul partisipan antara lain: login, register, daftar ke program, pengumuman, pengisian internship daily timesheet, dashboard nilai dan lain lain. Dari banyak fitur di modul partisipan dalam pembahasan laporan ini akan berfokus pada pengujian login, register partisipan baru, verifikasi, lupa sandi, daftar ke program intership, detail proses yang sedang berjalan, serta pengisian internship daily timesheet.