Koleksi Pustaka
Pada zaman yang serba modern ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi bagian dalam kehidupan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dilihat dari perkembangan seperti artificial intelligence, gadget, ataupun telekomunikasi. PT Smartfren Telecom, Tbk merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi terdepan di Indonesia. Smartfren berinovasi dengan meluncurkan layanan 4G LTE Advanced komersial pertama di Indonesia dan menjadi satusatunya operator yang beroperasi di jaringan 4G sepenuhnya. Smartfren juga menghadirkan pengalaman layanan yang fleksibel, salah satunya melalui MySmartfren. MySmartfren adalah layanan yang diberikan Smartfren dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Android maupun iOS, mampu memberikan kemudahan pada setiap penggunanya. Aplikasi ini memiliki tiga fungsi utama di antaranya seperti memberikan kemudahan dalam melakukan pemeriksaan kuota internet dan pulsa, memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian pulsa dan internet, dan memberikan reward berupa poin yang bisa ditukarkan dengan beberapa pembelian layanan. Autentikasi adalah suatu metode untuk menentukan atau memastikan bahwa seseorang (atau sesuatu) adalah asli atau benar. Adapun proses validasi pengguna pada saat memasuki aplikasi MySmartfren yaitu menggunakan nomor smartfren atau email dan password, sistem akan mengecek pengguna dari database yang telah didaftarkan sebelumnya. Untuk tahap pendaftaran pengguna harus melewati beberapa tahap seperti mengisi data diri, autentikasi kode One Time Password (OTP) yang dikirimkan ke nomor smartfren pengguna melalui Short Message Service (SMS), dan autentikasi kode OTP yang dikirimkan ke email pengguna. 2 Jurusan Teknik Informatika dan Komputer – Politeknik Negeri Jakarta Perangkat yang digunakan oleh pengguna layanan smartfren tidak hanya smartphone saja melainkan Modem WiFi Portable (MiFi) yang tidak dapat melihat sebuah SMS. Saat ini, pengguna MiFi saat melakukan pendaftaran untuk menikmati layanan di MySmartfren harus memindahkan kartu Subscriber Identity Module (SIM) Smartfren ke smartphone terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penulis mengembangkan suatu fitur agar pengguna dapat melakukan pendaftaran akun menggunakan kode PUK pada aplikasi MySmartfren di PT Smartfren Telecom, Tbk yang berjudul “IMPLEMENTASI FITUR PENDAFTARAN PENGGUNA MENGGUNAKAN KODE PUK APLIKASI MOBILE FRAMEWORK REACT NATIVE”.