Koleksi Pustaka
Penggunaan metode ceramah yang masih dominan di MTsN 6 Jakarta mengakibatkan siswa cenderung pasif, sehingga diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis game 3D dengan menggunakan animasi 2D sebagai bagian dari materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk siswa kelas 7 SMP. Media pembelajaran ini dirancang untuk mendukung Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di MTsN 6 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Berdasarkan hasil beta testing multimedia interkatif yang dilakukan kepada 24 responden didapatkan rata-rata 69,572%, dan berdasarkan hasil beta testing animasi 2D yang dilakukan kepada 14 responden didapatkan 71.138%, dapat disimpulkan dari kedua rata-rata yang didapatkan menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berupa animasi 2D yang diintegrasikan ke dalam game 3D dapat membantu dan memotivasi mereka dalam mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup.