Koleksi Pustaka
Kurikulum Merdeka dikembangkan untuk mengatasi krisis pembelajaran di Indonesia, menekankan pengembangan soft skills, materi esensial, dan fleksibilitas pembelajaran. Di tingkat SMP, khususnya untuk kelas 7, materi Klasifikasi Makhluk Hidup adalah salah satu yang diajarkan, namun sering kali diajarkan dengan metode ceramah yang membuat siswa pasif. Kurikulum Merdeka mengharapkan siswa lebih aktif dan mengembangkan keterampilan inkuiri. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan media pembelajaran alternatif yang lebih interaktif, seperti game 3D. Media pembelajaran interaktif menyediakan informasi dalam bentuk model 3D, teks, suara, dan gambar, yang dapat meningkatkan keaktifan dan ketertarikan siswa. Penggunaan game 3D telah terbukti memberikan dampak positif pada pemahaman dan daya ingat siswa, serta meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game 3D bergenre petualangan yang melibatkan identifikasi gambar untuk mengelompokkan makhluk hidup menggunakan metode pengembangan GDLC. Dengan gameplay yang interaktif dan edukatif, game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang efektif, meningkatkan partisipasi aktif siswa dan memotivasi mereka dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap siswa kelas 7 di MTsN 6 Jakarta. Berdasarkan pengujian yang dihitung menggunakan skala likert ini didapatkan hasil indeks rata-rata 69,575% yang berarti target pengguna setuju bahwa media pembelajaran interaktif berbasis game yang dibuat telah berhasil meningkatkan ketertarikan, motivasi dan juga keaktican siswa dalam mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup.