Koleksi Pustaka
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMK Grafika Desa Putera, metode pembelajaran yang digunakan selama ini masih kurang efektif karena belum adanya media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan animasi tersebut. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk membuat media Pembelajaran interaktif yang dapat membantu proses pembelajaran animasi untuk siswa kelas 11 SMK Grafika Desa Putera. Aplikasi dibuat dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap utama yaitu Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian, dan Pendistribusian. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran yang berisi materi dan quiz tentang materi konsep animasi 2D. Hasilnya sebanyak 84,48% siswa sangat setuju bahwa penyampaian materi menggunakan aplikasi belajar Animasi 2D dapat membantu mereka dalam proses pembelajaran dan lebih diminati oleh siswa dibanding dengan metode konvesional seperti buku. Selain itu, belajar menggunakan aplikasi Belajar Animasi 2D dapat memacu semangat dan motivasi siswa dalam belajar animasi.