Koleksi Pustaka
Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era globalisasi berdampak signifikan pada dunia pendidikan, mendorong adaptasi inovasi teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan game edukasi 2D sebagai media pembelajaran interaktif untuk memahami peran bea dan cukai dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan wawancara dengan guru ekonomi di SMIT AlMarjan, metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional, menyebabkan siswa kurang aktif dan merasa bosan. Game ini dikembangkan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi enam tahap: konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pengembangan, pengujian, dan implementasi. Pengujian alpha dilakukan oleh tim internal, sedangkan beta testing melibatkan ahli materi dari Bea dan Cukai, guru, ahli media, dan siswa SMA. Hasil beta testing menunjukkan bahwa game ini sangat layak digunakan dengan penilaian sebesar 96,57% dari Bea dan Cukai, 89,18% dari guru, 85,79% dari ahli media, dan 82,36% dari siswa SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi 2D berbasis multimedia interaktif ini efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan menyenangkan.