Koleksi Pustaka
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PERISTIWA SUMPAH PEMUDA UNTUK KELAS 5 MI TAUFIQURRAHMAN 2 BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY

Mata pelajaran yang berbasis sejarah seringkali dianggap membosankan dan kurang bermakna bagi siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas 5 di MI Taufiqurrahman 2, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Augmented Reality adalah teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur dan wawancara untuk mengumpulkan data. Selain itu, analisis data dilakukan secara kualitatif untuk wawancara dan secara kuantitatif menggunakan skala Likert melalui kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis markerless Augmented Reality untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap peristiwa sejarah Sumpah Pemuda. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle dengan tahapan-tahapan yang meliputi: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil beta testing menunjukkan bahwa 90,4% siswa merasa materi lebih mudah dipahami, 94,7% siswa lebih tertarik dan paham dengan peristiwa Sumpah Pemuda, dan 96,5% siswa tidak merasa bosan dengan pengalaman belajar menggunakan media ini. Penelitian ini membuktikan bahwa teknologi Augmented Reality efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, minat belajar, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Daftar File
  • Skripsi_2007431044_Izdihar Syah Az Ahranie
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • ZIP_2007431044_Izdihar Syah Az Ahranie
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Media Pembelajaran, Augmented Reality, Peristiwa Sumpah Pemuda.