Koleksi Pustaka
Banyak terjadi perubahan besar pada bidang pendidikan akibat penutupan lembaga pendidikan untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19 salah satunya adalah pada metode pengajaran di Indonesia. Dari hasil wawancara dengan salah satu guru di SDN Cipayung 2 Depok diketahui kesulitan dialami saat mengerjakan ujian semester atau saat guru memberikan tugas secara online dalam bentuk soal esai. Penelitian ini menerapkan teknik text mining menggunakan algoritma Ratcliff/Obershelp untuk menentukan nilai kesamaan antara dua buah string yaitu antara jawaban siswa dengan kunci jawaban guru. Kumpulan data jawaban yang diperoleh dari salah satu guru kelas 6 SDN Cipayung 2 Depok dan diterapkan pada aplikasi web Examz. Aplikasi ini dibangun untuk mengetahui status jawaban berdasarkan toleransi kesalahan yang telah ditentukan sebelumnya oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma Ratcliff/Obershelp telah mencapai tingkat akurasi koreksi sebesar 90% pada soal IPA, 93% pada soal IPS, 83% pada soal PPKn, 91% pada soal SBK, dan 97% pada soal PAI. Hasil akhir untuk akurasi rata-rata aplikasi adalah 91,00% dalam menentukan status jawaban siswa.