Koleksi Pustaka
PEMBUATAN GAME EDUKASI BERBASIS VISUAL NOVEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI BULLYING

Penyampaian materi bullying pada mata pelajaran bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor belum berjalan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan membuat game edukasi visual novel sebagai media pembelajaran interaktif materi bullying dalam bimbingan dan konseling di SMPN 11 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode mixed-methods untuk mengumpulkan dan menganalisis data, serta pendekatan GDLC (Game Development Life Cycle) dalam pengembangan game. Hasil penelitian berupa game edukasi berbasis visual novel dalam format .apk untuk platform android. Dari hasil beta testing yang dilakukan oleh pengguna (siswa kelas VIII SMPN 11 Kota Bogor), sebanyak 87,78% siswa menyatakan sangat setuju bahwa game berjudul "B-Aware" layak dijadikan sebagai media pembelajaran interaktif materi bullying.

Daftar File
  • 2007431011_Alifa Salsabila Deshendra_Laporan Skripsi
    2007431011_Alifa Salsabila Deshendra_Laporan Skripsi.pdf
  • 2007431011_Alifa Salsabila Deshendra
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    bimbingan dan konseling, bullying, game edukasi, visual novel