Koleksi Pustaka
Penyampaian materi perkembangbiakan vegetatif buatan dalam pembelajaran IPA di kelas 6 SDIT Al-Manar selama ini masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional seringkali membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun game edukasi 2D sebagai media bantu pembelajaran materi perkembangbiakan vegetatif buatan untuk siswa kelas 6 SDIT Al-Manar. Metode yang digunakan dalam pembuatan media interaktif ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) versi Luther, yang terdiri dari tahapan: Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian, dan Distribusi. Penelitian ini menghasilkan media interaktif game edukasi 2D yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pembelajaran materi cangkok dan stek. Uji coba alpha dilakukan dengan metode Black Box untuk memastikan bahwa game dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan desain yang direncanakan. Hasil beta testing menunjukkan bahwa rata-rata persentase 87,5% siswa sangat setuju terhadap penggunaan game edukasi 2D sebagai media bantu pembelajaran materi perkembangbiakan vegetatif buatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi 2D ini layak untuk digunakan sebagai media bantu pembelajaran perkembangbiakan vegetatif buatan.