Koleksi Pustaka
PEMBUATAN ASET ANIMASI 3D VIRTUAL REALITY “PEMILAHAN SAMPAH” UNTUK SD KHALIFAH MENGGUNAKAN BLENDER

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aset animasi 3D untuk media pembelajaran virtual reality mengenai pemilahan sampah di SD Khalifah. Metodologi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aset animasi 3D ini dibuat menggunakan perangkat lunak Blender dan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 3D yang dihasilkan efektif dalam menjelaskan materi pemilahan sampah. Berdasarkan hasil uji beta, animasi ini mendapat respons positif dari siswa dan guru, dengan persentase setuju masing-masing sebesar 84.22% dan 88.33%. Kesimpulan ini didukung oleh data kuesioner yang menunjukkan bahwa video animasi 3D ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di SD Khalifah. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam penyediaan materi pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan transisi yang lebih halus dan peningkatan kualitas audio narasi.

Daftar File
  • Laporan Skripsi Sadam Maulana
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Jurnal Sadam Maulana
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Link Video Vr Sadam
    Maaf file hanya dapat di unduh oleh pihak yang mempunyai akses file private
  • Kata Kunci
    Animasi 3D, Virtual Reality, MDLC, SD Khalifah, Pemilahan Sampah, Edukasi Lingkungan