Koleksi Pustaka
Penggunaan media visual sangat penting dalam strategi pemasaran digital saat ini. Perusahaan berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dan video hadir sebagai cara yang dinamis dan menarik untuk menyampaikan pesan pemasaran (Rudjiono et al., 2024). Hal ini sejalan dengan pendapat Craft dalam penelitian van Hooijdonk (2020) yang menyatakan bahwa masyarakat modern membutuhkan solusi kreatif untuk masalah mereka (Saputra and Wibawa, 2020). PT Dapura Ampera Kemang yang bergerak di bisnis cloud kitchen. PT Dapura Ampera Kemang ingin menggunakan strategi promosi yang lebih dinamis dan menarik untuk membedakan diri dari pesaingnya. Motion grafis sebagai bagian dari desain komunikasi visual, berperan penting dalam menyampaikan pesan secara menarik dan dinamis. Motion grafis sering digunakan di berbagai media, seperti video promosi, iklan, presentasi, dan media sosial, untuk menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan dengan cara yang lebih interaktif (Cahyadi dan Makawi, 2023). Maka berdasarkan dari paparan di atas, proyek ini akan mengembangkan motion grafis sebagai solusi promosi yang relevan untuk meningkatkan branding dan engagement Dapura. Motion grafis memungkinkan penggunaan elemen visual bergerak yang dipadukan dengan narasi yang kuat, sehingga dapat menciptakan identitas merek yang unik dan membedakannya dari pesaing. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan identitas, nilai, dan pesan mereka secara lebih dinamis dan efektif (Soumen Das, 2024). Jika motion grafis tidak diterapkan pada proses produksi konten visual yang memakai konsep dinamis, akan terasa membosankan dan kurang memiliki daya tarik untuk dinikmati (Shidqi dan Astuti, 2018).