Koleksi Pustaka
Sektor agribisnis modern, terintegrasi dengan rantai pasokan menjadi faktor kunci dalam menyediakan produk berkualitas dan memenuhi permintaan pasar. Berfokus pada sektor pertanian, sebuah perusahaan bernama PT. Teknologi Lokatani Indonesia mengelola tiga divisi utama: LokaGrow, LokaTech, dan LokaFresh. Masing-masing divisi memiliki peran penting dalam mendukung keberlanjutan operasional perusahaan. Salah satunya adalah LokaFresh, yang mengelola distribusi sayuran segar dengan merek Sayuran Pagi. Divisi ini juga bertanggung jawab mengelola pembelian dan penjualan pasokan sayuran, baik dari sistem hidroponik maupun konvensional, untuk memenuhi kebutuhan klien di segmen B2B, ritel, dan konsinyasi. Beragamnya segmen pasar yang dilayani oleh LokaFresh memunculkan tantangan dalam pengelolaan data supply dan demand yang efektif. Setiap transaksi, baik dari sisi pembelian maupun penjualan, menghasilkan volume data yang besar dan kompleks. Data-data ini sebelumnya dikelola menggunakan Google Spreadsheet, yang memiliki berbagai keterbatasan seperti dataset yang terpisah-pisah, sulitnya penerapan formula secara otomatis, serta minimnya fleksibilitas untuk filter atau analisis data yang lebih dinamis. Hal ini menyulitkan dalam mendapatkan informasi yang relevan secara cepat dan akurat (Choliq, 2024). Metode pengelolaan data secara manual juga tidak mampu memenuhi kebutuhan perusahaan untuk menganalisis pertumbuhan supply dan demand berdasarkan kuantitas dan harga dengan tingkat granularitas tertentu, seperti MoM, WoW, atau QoQ. LokaFresh juga membutuhkan visualisasi data yang jelas untuk mengidentifikasi tipe produk dengan kinerja terbaik berdasarkan supply dan demand, sekaligus menyelaraskan informasi data master untuk mendukung analisis tersebut. Berdasarkan masalah yang terdapat pada LokaTech maka dibutuhkan implementasi dashboard statistik Looker berbasis BigQuery untuk menjadi solusi yang relevan. Dashboard ini memungkinkan integrasi data dari berbagai sumber ke dalam satu sistem yang terpusat, fleksibel, dan mampu memvisualisasikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan user secara real-time. Selain itu, diharapkan dengan adanya dashboard ini, proses analisis data menjadi lebih terstruktur dan efisien, mendukung perusahaan dalam membuat keputusan yang strategis berbasis data.