Koleksi Pustaka
Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi multimedia telah berkembang pesat dan menciptakan berbagai peluang baru di dunia digital. Perkembangan ini mencakup berbagai bidang, mulai dari hiburan, pendidikan, hingga bisnis, di mana konten visual dan interaktif memainkan peran yang semakin penting (Huang et al., 2020). Di tengah tren tersebut, kebutuhan akan visual yang realistis dan menarik menjadi semakin krusial. Aplikasi berbasis multimedia, seperti game, simulasi, dan aplikasi edukasi, semakin banyak memanfaatkan teknologi 3D dan animasi untuk menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan interaktif bagi pengguna. Seperti yang dinyatakan oleh Kamarudin et al. (2021), "penggunaan teknologi 3D dalam aplikasi edukasi dapat meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks dan memperkaya pengalaman belajar." Salah satu perusahaan yang aktif berkontribusi dalam bidang ini adalah PT Inovasi Multimedia Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang multimedia dan kreatif, PT Inovasi Multimedia Indonesia telah menghasilkan produk-produk inovatif dan berkualitas, yang membuatnya meraih penghargaan bergengsi seperti Enterprise 50 Award dari SME Corp Malaysia. Melalui proyek proyek transformasi digital, seperti digitalisasi museum, pengembangan e-learning dan instalasi multimedia interaktif.perusahaan ini menunjukkan komitmennya dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk industri penerbangan dan perusahaan minyak serta gas. Selain itu, PT Inovasi Multimedia Indonesia memiliki visi menjadi pelopor dalam solusi visualisasi data 3D interaktif yang mampu memberikan pemahaman mendalam dan mendukung pengambilan keputusan yang efektif di berbagai bidang. Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang, perusahaan ini membutuhkan aset 3D yang berkualitas tinggi serta animasi yang dapat membawa aplikasi mereka lebih hidup. Dalam setiap proyek, kehadiran 3D modeller dan animator sangat penting dalam membangun elemen visual yang berkualitas, memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkan memiliki daya tarik visual dan pengalaman pengguna yang optimal. Magang di perusahaan ini memberikan kesempatan bagi penulis untuk memahami penerapan aset 3D dan animasi secara langsung dalam proyek-proyek nyata. Sebagai 3D modeller dan animator, penulis terlibat dalam pembuatan model, tekstur, dan animasi yang mendukung kualitas visual aplikasi multimedia. Melalui magang ini, penulis tidak hanya mendapatkan pengalaman praktis, tetapi juga mengembangkan kemampuan teknis yang relevan dengan kebutuhan industri. Laporan ini menggambarkan proses pengembangan aset dan animasi 3D utnuk proyek aplikasi di PT Inovasi Multimedia Indonesia.